Berkunjung Ke Objek Wisata Kebun Binatang Bukittinggi Sumatera Barat - evetation

16/09/2020

Berkunjung Ke Objek Wisata Kebun Binatang Bukittinggi Sumatera Barat

Jembatan Limpapeh Kota Bukittinggi
Jembatan Limpapeh Kota Bukittinggi

Objek wisata yang langsung di kelola oleh pemerintahan ini lebih dikenal dengan nama Kebun binatang. Merupakan kebun binatang yang tertua di indonesia dan termashur di Sumatera khususnya Bukittinggi Sumatera barat, mempunya koleksi binatang yang lengkap, seperti Harimau, Gajah, Zebra, Rusa, Kijang, Berbagai jenis Ular dan Burung, ada Buaya,monyet, dan juga terdapat musium zoologi tempat koleksi binatang langka yang sudah punah.


Dan istana aquarium sebagai tempat koleksi ikan hias,baik dari dalam negeri maupun manca negara. Taman ini ramai di kunjungi oleh para wisatawan karena suasananya yang nyaman, asri dan bersih. Kebun binatang ini sangat terawat dan terjaga.

Kebun Binatang Bukittinggi
Kebun Binatang Bukittinggi


Bukit tinggi betul betul kota yang mempunyai pesona alamnya yang indah,sejuk,yang memiliki berbagai macam lembah yang indah seperti ngarai sianok, panorama yang indah,dan jam gadang yang berdiri kokoh bagaikan menara yang ikonik .Sungguh kaya akan alam wisatanya serta tempat-tempat wisata yang bersejarah yang harus anda kunjungi.

Pada tahun 1900,kebun binatang ini dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda yang gagasannya dirancang oleh Gravenzande, contrleur belanda, yang begitu terpesona melihat keindahan panoramanya, kemudian di beri nama Stormpark(kebun bunga) karena pada waktu itu memang belum ada binatangnya,memang rencananya akan di jadikan kebun bunga.

Kandang Harimau Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi
Kandang Harimau Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi

Kemudian kebun ini di resmikan oleh Dr.j. Hock menjadi kebun binatang Bukit tinggi dengan bahasa belandanya Fort De kocksche Dieren Park pada tanggal 13 juli 1929. Karena kebun binatang ini letaknya berdekatan dengan benteng fort de kock, maka di bangunlah sebuah jembatan untuk jalur penghubung yang bernama jembatan limpapeh,merupakan sebuah jembatan gantung yang memiliki panjang 90 meter dan lebar 3,8 meter. Kawasan wisata ini letaknya tidak jauh dari pusat kota.

Pada tahun 1933 kebun binatang bukit tinggi ini melakukan pertukaran koleksi hewan dengan kebun binatang Surabaya,yang akhirnya Kebun binatang di Bukit tinggi memiliki koleksi spesies hewan dari Indonesia Timur. Kebun binatang ini memiliki nama Aslinya yaitu: Taman Marga Satwa Dan Budaya Kinantan. Yang terletak di atas Bukit cubadak bungkuak,yang ada tepat di seberang bukit jirek,lokasi benteng fort de kock.

Penanggkaran Harimau Kebun Binatang Bukittinggi
Penanggkaran Harimau Kebun Binatang Bukittinggi

Pada masa penjajahan Jepang,kebun binatang ini terabaikan dan tidak terawat,sehingga banyaklah binatang binatang yang mati. Bahkan beberapa fasilitas yang ada sempat di alihfungsikan untuk memenuhi kebutuhan militer tentra Jepang.

Kemudian kondisinya berangsur angsur membaik seiringnya Indonesia merdeka,sehingga lokasi ini menjadi taman Puti Bungsu. Dan pada tahun 1995 taman ini diresmikan menjadi Taman Marga Satwa Kinantan. Untuk mengakses tempat ini tidaklah terlalu sulit karena tempatnya tidak terlalu jauh dari lokasi Jam Gadang.

Share with your friends